Obat Alam untuk Alergi

1 05 2013

Alergi itu sifatnya komplek dan individual. Namun nutrisi dan suplementasi yang baik bisa membantu meringankan derita yang ditimbulkan alergi. Meskipun begitu, ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter ahli alergi sebelum mencoba terapi komplementer ini.

Alergi adalah reaksi abnormal pada sistem kekebalan tubuh seseorang melawan zat yang seharusnya tak berbahaya. Seseorang tanpa alergi tubuhnya tidak memberikan reaksi ketika terpapar zat tersebut. Namun bagi seseorang yang alergi, tubuh bereaksi melepaskan kimiawi yang menimbulkan gejala-gejala alergi.

“Terapi nutrisi berkualitas baik bisa meringankan gejala-gejala alergi,” kata winona Stephens dari Sydney Asthma & Allergy Care. Namun karena alergi itu komplek dan individual, ia menyarankan kita untuk berkonsultasi dengan seorang ahli sebelum mencoba terapi cara alami ini.

Bromelain
Bromelain adalah enzim yang ditemukan dalam buah nanas segar. Enzim ini tak hanya membantu kita mencerna protein tapi juga bisa membantu meringankan cairan yang terkumpul di sinus dan rhinosinusitis akut (inflamasi di saluran hidung). Bromelain juga mengurangi pembentukan pembekuan darah dan memiliki kandungan antiinflamasi.

Di Jerman pernah dilakukan penelitian tahun 2005 terhadap anak-anak dengan masalah sinus. Dalam penelitian tersebut terbukti bahwa suplementasi bromelain pada anak-annak mempercepat penyembuhan alergi. Stephens mengatakan bahwa suplementasi bromelain ini juga membantu alergi pada orang dewasa. Namun tidak disarankan makan nanas jika Anda alergi terhadap nanas.

Asam lemak omega 3
Minyak ikan dikenal luas sebagai penjaga kesehatan jantung. Namun ternyata minyak ikan bisa membantu mengatasi masalah sinus atau pun hay fever. “Asam lemak omega tiga memberikan efek antiinflamasi yang kuat. Meskipun begitu, penting untuk mendapatkan yang bebas logam berat sepreti merkuri yang kadarnya tinggi pada beberapa tipe ikan,” kata Stephens.

Menurut sejumlah penelitian yang diterbitkan di Pediatric Allergy and Immunology Journal, asam lemak omega 3 yang diasup saat hamil juga mengurangi sensitifitas makanan pada bayi. Ibu hamil dalam penelitian yang makan ikan dua atau lebih seminggu mengurangi risiko alergi makanan pada bayinya sampai lebih dari sepertiga.

Spirulina
Sprilulina adalah suplemen hijau dari ganggang air asin yang kaya gizi yaitu protein, besi dan vitamin B12. Suplemen ini bisa mengatasi hay fever yang secara konsisten terjadi lebih dari tiga bulan.
Spirulina bekerja melawan alergi dengan mencegah pengeluaaran histamine, penyebab inflamasi pada alergi dan memperbaiki resistensi tubuh terhadap infeksi di selaput lender.

Penelitian di tahun 2008 membuktikan bahwa spirulina memperbaiki aliran ingus di hidung dan hidung tersumbat, bersin-bersin serta gatal.

Probiotik
Probiotik adalah bakteri baik yang membantu pencernaan makanan dan perannya penting dalam nejaga system kekebalan tubuh yang sehat. Bakteri baik ini ada di sistem pencernaan kita dan jumlahnya bisa diperbanyak dengan mengonsumsi suplemen probiotik.

Sebuah studi di tahun 2009 di Finlandia yang diterbitkan di World Journal of Gastroenterology menemukan bahwa minum suplemen probiotik juga membantu hidung tersumbat dan berair yang disebabkan alergi pollen. Studi tersebut juga membuktikan bahwa probiotik juga membantu mengurangi keparahan gejala eksim pada anak-anak.

Stephens menekankan bahwa secara potensial probiotik berguna mengatasi alergi dan mengurangi risiko alergi terhadap makanan.

(Sumber:sehatnewsdotcom)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: