Pola Makan Sehat ala Nabi

15 01 2013

Dari Prof Dr Musthofa Romadhon memberikan beberapa gambaran pola hidup Rasulullah Saw. berdasarkan beberapa sumber  riwayat yang dapat dipercaya :

  • Rasulullah Saw bangun tidur sebelum sholat shubuh dengan mengawali hari dengan sholat tahajud (Qiyamul Lail). Karena diwaktu sepertiga malam menurut para peneliti adalah waktu yang sangat baik untuk menghirup udara segar yang kaya dengan oksigen.
  • Di pagi hari Rasulullah Saw bersiwak untuk tujuan kesehatan mulut dan gigi dalam proses pencernaan makanan.
  • Masuk waktu dhuha (pagi menjelang siang), Rasulullah senantiasa mengonsumsi tujuh butih kurma.
  • Menjelang sore hari, menu Rasulullah biasanya adalah cuka dan minyak zaitun. Selain itu, Rasulullah juga mengonsumi makanan pokok seperti roti. Manfaatnya banyak sekali, diantaranya mencegah lemah tulang, kepikunan di hari tua, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol dan melancarkan pencernaan. Roti yang dicampur cuka dan minyak zaitun juga berfungsi untuk mencegah kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin.
  • Di malam hari, menu utama makan malam Rasulullah adalah sayur-sayuran. Secara umum, sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit.
  • Rasulullah saw tidak langsung tidur setelah makan malam. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna.

Selamat mencoba dan meneladani pola makan sehat ala Nabi


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: